A Message from the President

rektor undipUniversitas Diponegoro telah lama berupaya secara terus menerus untuk menjadi universitas nasional terakreditasi yang dapat dibanggakan, serta teakreditasi secara internasional sebagai universitas terkemuka. Pandangan ini berkaitan erat dengan tantangan di era global. Era global menuntut institusi-institusi pendidikan tinggi melakukan beberapa pencapaian untuk dapat berpartisipasi dalam percepatan daya saing bangsa, sehingga sebuah bangsa mampu menghadapi cepatnya persaingan dunia. Berdasarkan kondisi saat ini, kualitas pendidikan di sebuah perguruan tinggi harus selalu ditingkatkan dengan mengembangkan sumber daya manusia dengan didukung teknologi modern, berwawasan luas, serta berkualitas unggul. Beberapa langkah telah dilakukan seiring dengan paradigma baru program pengembangan pendidikan tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia (IDGHE) yang terdiri atas otonomi, evaluasi, akreditasi, dan unsur-unsur akuntabilitas.

Strategi pengembangan 25 tahun UNDIP dilakukan dalam tahapan 5 tahunan, yaitu (1) Memperbaiki efisiensi internal institusi, (2) Perbaikan-perbaikan tersebut merupakan satu langkah ke depan dalam persiapan menuju universitas riset, (3) Mengembangkan embrio cikal bakal universitas riset, (4) Implementasi universitas riset, (5) Penguatan universitas riet. Program efisiensi internal institusi khususnya dilakukan untuk memperbaiki kualitas lulusan. Hal tersebut ditunjang dengan kapasitas bangunan, pengembangan proses belajar mengajar serta fasilitas infrastuktur seperti gedung-gedung untuk perkuliahan, seminar, administrasi fakultas, rumah sakit universitas, pusat pelatihan, laboratorium terpadu, dan pusat pengembangbiakan. Fasilitas-fasilitas tersebut didanai oleh sejumlah proyek pemerintah Indonesia melalui (IDGHE), World Bank, Asian Development Bank (ADB) and Islamic Development Bank (IDB).

Langkah 5 tahun berikutnya adalah berupaya bagaimana memposisikan UNDIP sebagai universitas riset berkelas dunia dengan tujuan menciptakan proses pendidikan, penelitian, dan pengembangan komunitas akademik yang berkualitas, serta menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan bersaing di pasar kerja. Saat ini UNDIP telah tercatat dalam kategori universitas terbaik dunia dengan berada di peringkat no. 495 berdasarkan rangking Time High Education Supplement (THES). Peringkat dengan menduduki urutan tersebut tampaknya tidak memuaskan. Oleh karena itu, kami akan melakukan yang terbaik agar peringkat tersebut naik lebih tinggi. Berbagai upaya yang dilakukan tentu saja harus sejalan dengan strategi pengembangan UNDIP.

Dalam tahun 2020, UNDIP berencana besar menjadi universitas riset unggulan. Untuk mencapai visi tersebut, UNDIP menjabarkan misinya sebagai berikut: (1) Menyelenggarakan program pendidikan terbaik di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, (2) Melakukan penelitian-penelitian ilmiah professional serta publikasi ilmiah sebagai wujud kontribusinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, (3) Memberikan pelayanan-pelayanan publik yang berkualitas sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan, (4) Melakukan evaluasi regular terhadap untuk memperbaiki kualitas, otonomi, akuntabilitas, serta akreditasi universitas. Visi, misi, dan prioritas utama minat keilmuan UNDIP difokuskan pada pegembangan wilayah pesisir pantai.

[ Download PDF ]